Sunday, October 21, 2012

Tugas Visual Basic Ke 2


  •    Apa yang menyebabkan program eror pada btalamat1_Click baris program alamat = “Kuningan” ? 

            Karena seharusnya alamat di btalamat1_Click dideklarasikan terlebih dahulu dengan:
Dim alamat As String
                           




  •  Kenapa saat ditekan tombol nama1 dan nama2 nama yang ditampilkan pada textbox nama berbeda sedangkan saat ditekan tombol alamat1 dan alamat2 alamat yang ditampilkan pada textbox alamat sama ?

Ketika ditekan tombol nama1 dan nama2 ,nama yang ditampilkan pada textbox nama berbeda karena pada nama1 dideklarasikan dengan Dim nama As String, Dim adalah variabel lokal yang hanya dikenal di tempat variabel tersebut ditempatkan. Sedangkan nama2 untuk namanya tidak dideklarasikan, sehingga  akan menampilkan nama yang ada dalam module  Public Const nama As String = "Nandang Hermanto"  yang dideklarasikan menggunakan variabel public.
Untuk yang alamat  ,muncul pada textbox sama karena pada pedeklarasiannya menggunakan
 Public Class frmsatu
            Const alamat = "Kuningan"



Yang posisinya diletakan diluar dari alamat1 dan alamat2, namun jika pendeklarasian tersebut di hapus maka alamat2 akan menampilkan alamat dari module Public Const alamat As String = "Purwokerto"


  • Kenapa saat ditekan pada tombol tambah  umur 1 umur selalu keluar angka 1 tetapi saat ditekan tombol tambah umur 2 umur selalu bertambah 1  dari umur sebelumnya ?

Karena pendeklarasian di bttambahumur1_Click menggunakan variabel Dim sehingga umurnya akan tetap, sedangkan pada bttambahumur2_Click menggunakan variabel static yang angkanya akan bertambah 1 ketika ditekan terus menerus.



  •   Analisa form dua
Ada  Option Explicit Off
Yang maksudnya bahwa variabel di FrmDua tidak perlu kita definisikan karena program akan langsung mengambil definisi variabel dari  variabel Public yang terdapat pada FrmSatu ataupun pada Module1, karena  variabel Public terdapat pada Module1 maka Nama, Alamat, serta Umur yang keluar adalah yang terdapat pada Module1.





  


Hasil setelah diperbaiki adalah :

 





 


Menganalisa Kelemahan Program tugas 2 if dan case

1.      Kurang pemberian kode dan pendefinisian di combobox tentang tas.


2.      Kurang adanya kalimat peringatan untuk meyakinkan dalam menghapus atau menutup program ketika kita sengaja atau tidak sengaja menekan tombol clear  atau tutup.

 Perbaikan Program

1.      Menambahkan kode dan pendefinisian di combobox dengan :
                          
                        Case "TAS"
                        namabarang = "Tas"
                         harga = 200000

2.  Dibagian BtClear_Click dan  BtTutup_Click ditulis listing berikut :



Hasil Setelah diedit adalah :



No comments:

Post a Comment